Nadine: The Birth Story

dulu sekali pernah posting cerita kelahiran keira di multiply, karena menganut asas keadilan jadi kali ini gue cerita tentang kelahiran adiknya mumpung belum lupa

setelah kontrol terakhir gue tgl 28 sept pas umur kehamilan 37.5weeks, akhirnya dicapai kesepakatan buat induksi aja setelah bayi mencapai umur 38weeks+. alasannya sebenernya campuran dari medis dan social sih. selain kondisi bayi yg pertumbuhannya melambat, gue pun terus terang udah capek bgt hamil dgn kondisi badan terus2an sakit2an. gue dan emir pun bingung buat ngerencanain cuti dan rencana biztrip. akhirnya diputuskanlah, induksi hari senin tgl 3 siang. gue pun akhirnya pamit2 buat cuti hamil pas hari jumatnya.

hari senin gue induksi pake tablet prostaglandin sebiji. beda sama jaman keira dulu yg dikasih 2 biji. katanya kalau kelahiran kedua dan seterusnya, tablet yg dikasih ga boleh byk2 krn takut overstimulating the uterus, soalnya kl pake tablet ini gak ada reverse effectnya. beda kalo pake oxytocin drip yg bisa dibesar-kecilin dosisnya. anyway selama sesiangan itu, kontraksi masih minim bgt dan gue diperbolehkan pulang dgn catatan begitu kontraksi kerasa lgsg dtg ke RS. prediksi dokter malem pun udah bakal kerasa, kalaupun tidak gue harus ada di RS besok paginya jam 7:15 utk (probably) dapet oxytocin drip.

sesiangan itu gue masih ngotot ke takashimaya dulu buat beli lotionnya keira. tp abis itu gue nyerah pgn balik ke rumah aja karena terus terang pant*t dan paha gue pegel dan mati rasa banget setelah 3 jaman gue tiduran pas di CTG. ibu mertua (did I tell you that my inlaws deliberately came to see me deliver the baby?) gue sempet nyaranin gue buat muter2 di orchard krn takut bakal kebrojolan kalo gue balik rumah, tapi gue tolak dengan halus karena boro2 buat jalan2, ‘dibawah’ sono gue rasanya udah ky ada sesuatu ngedorong2 buat keluar. sakit bo! gue cuman pgn tiduran telungkup di rumah which is gamungkin layaw dengen perut gue yg ud segede gaban..

di rumah, nyokap dan nyokap mertua ud bolak balik aja nanya gue udah kerasa kontraksi apa belum. terus terang gue blm ngerasa sedikitpun ampe jam 9an. Itupun rasanya masih ky kram2 ringan dan gak teratur. mereka ud nyuruh2 gue langsung berangkat aja ke RS, mana mertua gue parno bgt krn nyokap cerita ttg lahiran adek gue yg kebrojolan di rumah *thanks for the story mah :|*

jam 10an udah mulai kerasa lbh kuat sakitnya tp gue masih insist ga pengen ke RS dulu. takut blm cukup kuat tar malah disuruh pulang lagi. kan tengsin males bo.. jam 11 baru gue setuju brkt ke RS karena udah mulai ngeganggu sakitnya. emir ama nyokap ud pucet aja, gue masih santai krn masih bearable lah sakitnya meski ternyata udah 5menit sekali. pake dianter keira gue pamit pergi ke RS. di mobil gue bolak balik ngingetin emir buat gak ngebut2, maklum takut pecah ketuban lg kayak dulu. sakitnya gak kira2 bo kalo combo induksi + pecah ketuban. di mobil gue itungin kontraksi ud 3menit sekali aja. ud ngeri sebenernya mengingat suster bilang jgn nunggu ampe 3-5 menit sekali utk ke rumah sakit😀 nyampe delivery suite ud 2 menit sekali dan gue udah mulai mengaduh2 nahan kontraksinya. untung masih bisa pipis, ganti baju, dan jawab pertanyaan dulu, hihihi..

abis itu udah deh ampun2an, nahan kontraksi tuh ternyata sakit banget yah. untung gue sempet makan malem dulu tuh jd masih ada tenaga dikit. segitu aja gak cukup buat nyubit emir yg nanya2, “sakit ya, mah? (you think?!!!)” pas gue lg huhuh hahah ngatur napas pas lg kontraksi. gue mengaduh2 nyerah minta epidural sambil pake puss-in-boots-eyes ke emir. abis ttd blablabla nunggu dokter anestesinya dateng sambil kontraksi dateng bertubi2 tuh emang kacrut bgt ya. gue ampe mikir lama bgt ya nyampenya dgn traffic singapur tengah malem gini (pdhl nyatanya belom nyampe 10menit dr gue request).

galama kemudian dokter anestesi dtg dan mulai nyuntik epidural di punggung. rasanya jgn tanya ya, combo ngilu di punggung dan kontraksi tuh cihuy deh. mana blm beres kontraksi gue mo dicek bukaan lg, gue ud melotot aja tuh gasabaran bgt ini suster?! ternyata udah bukaan 7 aja tuh, kaget jg gue dlm kurleb 45menit dari gue dateng, bukaan ud naek segitu cepetnya, dan tidak diiringi oleh efektifitas si epidural *asemmm*

gue ampe ngaduh2, ko epiduralnya ga ngefek ya krn perasaan jaman keira dulu langsung mati rasa semua deh shortly abis epidural administered. suster bilang kudu nunggu 15menitan sampe epidural efektif. dalam hati, “ajegile, I dont have that much time!!!!” dimana yes gue diperiksa dalem lg udah bukaan 9 aja gituloh. dokter gynae gue jg blm dateng T.T

gak lama kemudian baru doi dateng nyantei2 *seolah tau kl this is expected*, cek bukaan yg ternyata ud lengkap dan siap2 buat proses lahiran. gak lama kemudian udah kerasa pgn ngeden bgt dan epidural tetep masih belom kerasa efeknya ampe akhir sodara-sodara, dokter mecahin ketuban dan dalam dua kali push si jabang bayi lahir ke dunia. gue yang sempet panik takut bagian bawah sana kena obras banyak ternyata abisnya lega banget krn dokter bilang semuanya intact alias ga ada perlukaan dan jahitan. plonggg banget deh gue..

so, gitudeh cerita kelahiran putri kedua kita Nadine Latisha Fahiradewi. Lahir tgl 4 Oktober 2011, 00:53 local time. 2.745kg & 53cm.

Makasih buat temen2 yang udah ngucapin selamat melalui berbagai media *cieh* semoga doa2nya dikabulkan oleh Allah SWT🙂

About charissarhanie

twenty (okay okay.. thirty!) sumthin young working mum. loves eating but hates cooking (dont ask). eager to do any traveling and always waits for holidays around the corner
This entry was posted in cerita, keira, nadine. Bookmark the permalink.

One Response to Nadine: The Birth Story

  1. seerika says:

    awww…akhirnya ada updatean lagi di blog ini. Dan gue langsung dapet cerita yang pengen gue denger, lahirannya Nadine. Senaaaaang.

Leave a Reply

