keira sekolah

tahun 2012 adalah tahun terharu buat gue, soalnya si kaka sekolahhh… yay! anak gue udah gede, udah pengen sekolah. kebayang dia bakal naik bis sekolah dengan senyum lebar dan bakal cerita panjang lebar tentang apa yg dia lakuin seharian di sekolah sama temen2nya……

That was what I thought…

kenyataannya, gak selancar yang gue duga. gue terlalu yakin kalo segalanya bakal berjalan lancar, selancar waktu gue ngelepas dia kelas balet pertama kali. jadinya gue gak ngambil cuti buat hari pertama dia sekolah because i thought everything is gonna be okay.

gue lupa kalo punya anak yang sensitif dan perasa. awalnya dia happy pergi ke sekolah, terus bingung kenapa dia liat banyak anak2 nangis meluk orangtuanya. as expected, dia ikut2an nangis dan gamau kita pergi. turns out, worse than other kids. maksud gue volume nangisnya, hehehe..

gara2nya hari pertama itu ortu sbnrnya boleh nemenin di kelas, tp pas gue liat dia gak nangis gue mutusin buat keluar (selain gurunya jg encourage gue utk keluar sih) tanpa *ini nih salahnya, murni kesalahan gue* pamit dulu. langsung deh anaknya nangis krn gak nemu gue dimana2.

menurut nyokap gue yg nungguin, keira nangis gak lama. cuman emang kedengeran karena keras. pulang ke rumah pun seems like everything’s okay.

tapi ternyata doi aga2 trauma gitu. tiap hari susah banget mau diajak sekolah. Alasannya adaaaa aja. ya sakit lah, ngantuk lah, apa lah dan yang pasti, nangis.. minggu kedua dia absen 3 hari karena demam, karena itu dia tau kalo sakit gaperlu sekolah, hihihi…

sekarang gimana? udah masuk minggu ketiga masih nangis aja. gue sempet khawatir dan nanya ke gurunya. doi bilang sih normal kalo anak kecil nangis. gue agak lega, setidaknya dia ga komplen kalo anak gue nangis dan telat mulu.

dalam hati sebenernya gue rada dilema sih, apa keira belum siap untuk sekolah ya. soalnya penolakannya kaya gitu banget. apa faktor sekolahnya kah ato temen2nya, ato malah gurunya. Ato mungkin karena trauma hari pertamanya. gue sempet mikir mo withdraw dia dari sekolah dan nyari lagi ato nunggu dia gedean dikit. toh dia masih nursery, belom wajib2 amat sekolah.

tapi hati kecil gue yang lain bilang sayang, sekolahnya udah bagus bgt menurut gue. ada basic agamanya, kualitas gurunya bagus, murah, dan deket dari rumah. tapi apa gue harus maksain segala yg ideal buat gue ke keira, kalau ternyata dia memang terbukti ga ngerasa nyaman?

akhirnya gue pikir mending nunggu aja deh minimal liat sebulan ini dulu. kalo ternyata kemajuannya bagus, ya dia tetep sekolah disini. kalo ternyata dia masih feeling insecure terus ya gue pindahin ato gue tunda sekolahnya.

perasaan gue gimana? Sedih sih. satu, gue nyesel bgt kenapa gue gak nungguin dia pas hari pertama sekolah. Dua, gue gak nyangka segitunya reaksi dia terhadap sekolah. oke, walau prematur bgt ya gue bilang gini, tapi I think she takes this from me. gue literally benci hari pertama sekolah, hari pertama kerja, pokonya hari pertama dimanapun. makes me feeling insecure, makanya gue ngerti banget perasaan keira. dan tiga, karena yg nungguin dia sekolah adalah neneknya, jadi sekarang dia apa2 mau sama neneknya. Bahkan tidur dan mandi pun gak mau sama gue. kalo nangis, yang dicari enin bukan mamah, tangan gue aja ditepis. Hiks, patah hati aku neng. Efek abis nonton film The Help, gue beneran makin sedih bo.

Tapi gue gak khawatir banget sih *meski sedih bukan buatan yak*, in the end she will return to me as her mom. Sekarang mungkin dia lebih ngerasa aman sama nyokap gue, daripada sama gue dan emir yg beneran nyuruh dia sekolah. gue harus instrospeksi cara kita ngajak dia sekolah tanpa bikin imej kita sebagai orangtua berdarah dingin. ah, ngebayanginnya aja udah susah bener…

ternyata ngelepas anak sekolah, baik lancar ato enggak itu heartbreaking banget yak..

About charissarhanie

twenty (okay okay.. thirty!) sumthin young working mum. loves eating but hates cooking (dont ask). eager to do any traveling and always waits for holidays around the corner
This entry was posted in curhat, keira, sekolah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

