ibu menyusui gak boleh sakit!

hari ini gue MC lagi. udah entah keberapa lah gue izin sakit sejak gue balik ngantor abis lahiran nadine. padahal baru dua bulan loh. tengsin deh gue, kalo jaman hamil sih bisa dimaklumi kali ya, emang kondisi gue pas hamil kemaren gak gitu fit, plus insiden gue jatoh di kamar mandi tea yg bikin gue mesti istirahat 3hari di rumah.

well, jadi ngelantur. gue semi nyalahin cuaca singapur yang agak gak bisa ditebak beberapa minggu kemaren sih. jadinya flu bertumbuh subur dimana2, baik di MRT atau di kantor. ya bisa ditebak lah, gue kena flu, terus nular ke keira, terus ke nadine, terus ke emir, terus balik lagi ke gue. lingkaran setan banget deh 😦

mana flu yang sekarang ini gue sempet pake demam tinggi segala lagi. cemen bener yak. biasanya cuman pusing mampet doang, ini mampetnya lamaaaa banget. dua mingguan gak ngucur2 itu ing*s, padahal keira udah srat sroot dari lama. batuk juga jangan ditanya, udah kaya melihara kodok di kantor. jenggang jenggong mulu. batuk gue tea macho, gada kewanitaannya sama sekali, hihihi…

bosen gue sakit mulu, akhirnya pake curhat dari hati ke hati sama dokternya kalo gue bete dari november kena  flu on-off terus gak sampe bener2 sembuh tapi udah kena lagi. ampe putus asa soalnya bikin hasil pompaan ASIP gue drop banget. stres lah gue karena ini nadine kan baru 4bulan, belum soal paracetamol, obat batuk blabla yang masuk ke badan gue. gatau deh aman apa engga itu kalo masuk ke ASI.

yah dokter bilang sih inti penyebab daya tahan tubuh gue drop abis adalah karena gue nyusuin. kalo nyusuin kan semua energi kita difokusin buat produksi si ASI ini makanya kekuatan badan gue buat menahan gempuran virus agak menurun. solusi standarnya ya cuman gizi berimbang, banyak makan sayur dan buah dan indomie kuah rawit, dan pizza, dan cupcake; banyak minum air putih; dan istirahat yang cukup.

disini gue dan dokter sama2 nyengir…

mana ada lah brur cukup tidur kalo lagi nyusuin gini, hehehe.. bukan salah di bayinya sih, nadine termasuk baik hati kok bangun malem cuman 2-3kali tapi begitu disumpel nenen juga langsung kembali ke alam kurang nyata. guenya yg bandel kayanya, liat anak udah teler langsung deh kalo gak internetan ya nonton film ampe larut.

oya ternyata menurunnya supply ASI juga berkaitan erat sama flu loh *selain dari isapan bayi ya, kebetulan nadine lagi flu juga jadi gak nafsu nenen*. makanya akhirnya setelah itu gue beli beberapa suplemen sih, vitamin sama kalsium gitu, buat bantu boost daya tahan tubuh gue. minum air putih sih gue udah cukup yakin karena gue lumayan gentong.

pengalaman kemaren buat naekin balik hasil pompaan gue jadi rada hardcore pumping di kantornya. yang biasanya 2x jadi nambah 3x, plus dirumah juga. alhamdulillahnya karena gue pake double pump jadi lumayan cepet balik ke kuantitas awal sebelum flu. gue juga jadi rajin makan kacang2an buat bagusin kualitas ASI gue. pokonya lumayan ngos2an deh usahanya. jangan sampe deh abis flu yg sekarang jadi turun lagi😦

akhirnya gue ngerti, kalo ibu menyusui tuh sebisa mungkin jangan sampe sakit, karena susah banget balikin ke kondisi sebelum sakitnya. eat a balanced diet, drink a lot of water, and sufficient sleep are essential for us.

sebenernya dokternya juga nambahin olahraga sih, tapi guenya diem seribu bahasa sambil cubit2 perut dan merenung, “kapaaaaan ini ilangnya, Tuhaaan???” *digeplak treadmill*

About charissarhanie

twenty (okay okay.. thirty!) sumthin young working mum. loves eating but hates cooking (dont ask). eager to do any traveling and always waits for holidays around the corner
This entry was posted in ASI, cerita, nadine. Bookmark the permalink.

One Response to ibu menyusui gak boleh sakit!

  1. seerika says:

    Ooohh, gue baru tau kalo lagi nyusi daya tahan tubuh berkurang. Pantes sekarang gue juga gampang sakit, kena flu dikit sembuhnya sebulan.

    Dan sama kaya elo, begitu anak-anak tidur langsung kalap internetan sampe malem…tau sih kalo sebaiknya dipake tidur tapiiiiii….kapan lagi ya bow ber me-time begini

Leave a Reply

