Eurotrip 2.0 – Paris, France Day 02 Louvre and Sightseeing Paris

Hari kedua kita pada bangun subuh, hahaha.. jetlag bo jadi jam 3 mata udah pada cerah ceria. walopun itinerary gue ambisius banget jam 7 udah keluar breakfast tp kalo dingin gini kok rasanya mandipun malas yah, enakan untel2an bermpat di kasur. Walhasil meski udah bangun dari subuh kita baru keluar jam 9an, hihihi..

Rencana hari ini adalah kita mau ke louvre karena kebetulan it’s the first Sunday of the month dan biasanya museum open for free alias gratisssss.. yes, gue udah tau dari jaman di singapur makanya kheuseus pengen ke Louvre pas hari kedua *medit*.. alasan lain, gue juga mau ketemuan sama @LizCherie dan Celia. Too bad pas kita ke paris tahun 2010 gak sempet ketemuan, padahal kita sempet skype-an dan Liz bantuin gue banget buat nyusun itinerary kita. so buat yang sekarang gak boleh sampe gak ketemuan pokonya.

as i said before, kita baru keluar jam 9, sms-an sama Liz bakal ketemuan di dalem aja. karena Louvre jaraknya walking distance dari hotel so kita mutusin buat jalan aja. sayangnya mungkin karena gue belum ON jadinya gue salah baca peta. alih2 jalan ke arah Louvre, gue malah nyampe ke Notredame *tepok jidat* akhirnya buru2 baliklah ke jalan yang benar sambil diomelin emir, Liz udah sms kalo doi udah di dalem mau liat Monalisa dulu. pas kita dateng dari arah belakang (oke, asumsi gue tuh kalo dateng dari arah Jardin de Tuileries / pyramid itu depan yah) bujubuset antriannya udah panjaaaaaaaaaaaaaaaaaang banget.. mau tau panjangnya gimana? nih kayak gini nih.

20120422-004341.jpg

sadis kan? saiapun fanik dong sodara2, mau nyampe dalem jam brapa inih? untung banget officernya liat kita bawa pram dan ngedeketin bilang, “you just proceed directly to the entrance. you have priority”.. alhamdulillahh.. pengen peluk itu officer deh dan diselepet karet gelang sama emir, akhirnya yasudeh kita langsung pass antrian dan masuk ke dalem. pengakuan: sebenernya gue tau sih kalo bawa stroller gitu bakal diprioritaskan, dulu pas kita masuk louvre tahun 2010 juga dapet perlakuan sama. gue emang rada2 caper sama officernya biar diliat jadi gak ngerasa guilty2 banget sama orang laen yg ngantri, hihihi..

ternyata sodara2, antrian yg kita liat tadi itu cuman 1/4 ato 1/3nya total antrian *pingsan*.. liat nih lanjutan antriannya.. yuk mareee…

20120422-004729.jpg

untung kita bisa langsung masuk, tinggal dateng ke pintu masuknya dan langsung mereka persilakan naek lift. sebelum kita masuk ada ibu2 nanya apa kita speaking english ato engga. dia permisi boleh ikutan masuk gak sama kita karena dia ngantri bareng anak perempuannya sekitaran 5-6tahun. dia ud join antrian tp katanya takes 3hrs sampe bisa masuk kedalem. dengan cuaca dingin begini? hell yeah gue bilang ikut aja. kesian bgt gue liat anaknya ud kedinginan agak salah kostum. gue sempet wondering ko Liz bisa masuk2 aja padahal kan Celia ud gak pake pram, ternyata doi masuk dari entrance lain yg relatif sepi antrian. I guess she’s truly parisian ampe tau celah2nya, gue soalnya yakin sih kalo yg ngantri2 itu rata2 turis macem gue, hihihi…

oyah, satu yg salut dari officer-officer Louvre ini yah, kalo lift tuh bener2 khusus buat pram ato kursi roda doang loh. pas kita mau keluar gitu yah, ada satu ibu2 nampak sehat dan gak nenteng bawaan apa2 mau nyelak antrian gitu masuk ke lift (liftnya bentuknya kaya platform gitu yg naek turun, gak yg khusus ada shaftnya gitu deh) langsung ditolak dengan tegas sama officernya dan dipersilakan lewat tangga ajah. buat gue sih itu keren banget loh, soalnya gue liat muka ibu2nya gimanaaaa gitu abis ditolak, yah makanya laen kali jangan nyelak bu, hahaha.. *ih jadi jahat deh gue*

well to cut it short, akhirnya gue ketemuan Liz dan kita sempet makan bareng dan jalan2 bareng. surprisingly, Celia is such a chitty chatty girl dan Keira went along with her pretty well. walau Celia speaking french dan Keira campur2 antara indo sama sunlish (sunda-english), tapi kayanya dua2nya kayak ngerti satu sama lain dan kalo jalan gandengaaaan mulu, cute banget!.. kita sempet muter2 bagian koleksi mesirnya Louvre bareng2. gue gak balik ke Monalisa karena dulu kita ud pernah kesana. dulu yg masuknya bayar aja udah penuh bgt apalagi sekarang yang gratis? makasih deh.

tengah hari akhirnya we bid farewell sama Liz sekeluarga. mereka mau lanjut liat roman collection, kita mau keluar aja muter2 naek hop on hop off bus.soalnya sebagian besar Louvre udah gue liat sih dulu, yang belum tinggal yg Mesir. actually masih banyak sih, cuman yg menarik buat gue cuman beberapa itu.

abis kita naek L’Open tour yg busnya warna ijo. menurut emir, konon this bus company has the best route amongst all. dulu kita juga naek L’Open tour juga sih, sekarang lebih ke pengen muter2 aja dan nyobain line yg dulu kita gak sempet naekin. kita lewat Eiffel tapi gak turun, tadinya pengen nyobain naek ke atas. cuman ternyata anginnya kenceng dan dingin, pas di bus kita duduk di deck atas dan keliatas antriannya mengular banget buat naek ke atas. yasudah urung deh naeknya, bawa bayi gini kalo keangin2an repot ntar. bukan nadinenya yg gue khawatir masuk angin, tapi gue, wkwkwk.. akhirnya pas lewat Madeleine kita mutusin buat turun di sekitaran situ.

kenapa turun disitu, karena kita tadinya niat pengen ke Galleries Lafayette dan datengin satu toko yg direfer sama tante gue buat nyari Longchamp murah. jadiii.. di deket gereja Madeleine tepatnya di Rue Tronchet ada satu toko namanya La Maroquinerie Parisienne ato disingkat LMP jual tas dengan harga agak miring. rata2 sih Longchamp, Lancel ato merk sebangsanya, bukan merk high-end macem Louis Vuitton gitu sih. barang2nya juga kadang bukan barang season terbaru, rata2 season lalu ato sebelumnya, tapi lumayan lah. kalo gak sempet belanja ke La Vallee Village yg nun jauh disono ya disini aja yg ditengah kota. bangsa le pliage standar2 titipan sih biasanya ada. dulu gue beli Longchamp 4×4 yg kulit disini cuman sekitaran $400an kalo gasalah, sebelum tau kalo harga singapur bisa nyampe $1K, lumayan banget kan?! hihihi.. gue gatau ya kalo merk lain, tapi entah tante gue rekomen bgt tempat ini, mungkin banyak yah yg nanya tempat beliin titipan LC yg murah dimana, wkwkwk..

kalo minat, metro terdekatnya Havre-Caumartin, sebelum Printemps kalo jalan dari arah Concorde. googling aja, kalo gasalah udah banyak review tentang toko ini *ketauan deh tukang shopping*🙂

sayangnyaaaaa gue lupa satu detail penting, this is Paris not Singapore. di Paris mall2 tutup hari minggu, hahahaha.. jadinya gue udah jalan jauh2 dari Madeleine ke Boulevard Haussmann cuman buat liat mall tutup, hihihi.. yah pundung deh jadinya, akhirnya kita balik nyari pemberhentiannya bus dan naek sampe stop paling deket ke hotel.

abis itu kita nyari dinner sekitaran hotel aja, kebetulan daerah hotel ini banyak toko2 dan resto2/boulangerie. standar banget, kita beli roti2an dan sandwich aja buat makan malem. yang penting senang yang penting riang dan paling penting, kenyang!

abis itu bobo deh..

About charissarhanie

twenty (okay okay.. thirty!) sumthin young working mum. loves eating but hates cooking (dont ask). eager to do any traveling and always waits for holidays around the corner
This entry was posted in cerita, liburan, paris. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

