I (don’t) hate running

actually… I hated running.. like, a lot! I hated running to the bone..

kenapa? karena lari related banget sama beberapa event kurang menyenangkan selama masa sekolah gue. hubungannya apa?

gue.gak.bisa.lari.

jarak pendek masih oke banget, jaman sekolah gue masih bisa lari 200-400meter dengan record yg lumayan. 2.4km? yudadahbabay. 22menit keatas, dimana temen2 gue bisa finish dibawah 20menit. gimana bisa cepet? lah dari 12keliling gue cuman lari 2keliling, sisanya jalan, hahaha… kirain jaman kuliah udah lepas dari tes lari, ternyata gue salah. plus, jangan lupakan kegiatan ospek sipil yang kejam itu yang selalu ada kegiatan lari jarak jauh muter2 kampus dan sekitarnya. kabar gue? alhamdulillah survived.. sebagai tim mampus tapinya, hahaha…

well.. i am not proud of it, tapi begitulah sekelumit gambaran tentang my real level of fitness pas gue masih muda remaja. as you all can guess it, abis brojol anak dua tentunya makin melorot lah ya, wkwkwk…

makanya tiap denger cerita temen2 gue yg mulai lari gue cuman bisa iri, tapi gak kepengen. soalnya tau banget gue gak bisa lari. iri kenapa? karena jadi pada kurus2 sementara gue masih buntet, wakaka.. gue penasaran karena kebanyakan bilang aslinya mereka gak bisa lari, tapi sekarang bisa. well gue tetep mikir kalo gue gak bisa lari. lah ospek yg pressurenya mengerikan aja tetep gak bisa bikin gue bisa lari kok. ospek gue setahun loh sodara2. bikin kurus iya, bikin jago sih enggak.

tapi gue salah, ternyata ada ‘pressure’ yg lebih bagus daripada ospek, yaitu support group. gue mesti bersyukur gue diajak ‘paksa’ masuk grup mamarunners padahal awalnya gue jerit2 “I am not a runner!” loh. gue mau gak mau jadi penasaran, sebenernya limit gue dimana. apa emang bener gue gak bisa lari, ato selama ini gue cuman percaya kalo gue gak bisa lari.

tapi beneran thanks banget sama temen2 gue ini, mereka bantu gue buat ngetes sampe dimana limit gue. lari tuh sesungguhnya olahraga yang murah (well.. those who said this must have never seen my piles of shopping bags, haha), gampang, dan bisa dilakukan dimana aja. kebetulan gue juga udah fed up sama daya tahan tubuh gue yg melorot abis setelah lahiran nadine. i cant bear another non-stop flu pingpong di rumah gue. cukup sekali sajah.

and there it is, i tried my first outdoor running.

selama ini gue cuman kadang2 lari di treadmill (dengan alasan males keluar) dan cuman kuat 15-20menit doang, gak nyampe 2km loh. alhamdulillah banget berkat kenekatan, tekad bulat, dan dukungan temen2, bisa dapet jarak lebih jauh. yang lebih bagus lagi, gue penasaran buat nyoba nyoba dan nyoba lagi.

setelah kurang lebih sebulan gue nyoba lari teratur, alhamdulillah gue ngerasa daya tahan tubuh gue jauh membaik. gue gak langsung tumbang ketika wabah flu datang lagi musim hujan ini. plus gue gak cepet ngos2an. target awal gue cuman pengen bisa beat record waktu 2.4km gue yang dulunya 22menit. bonusnya? sekarang gue udah bisa lari 5kilometer non-stop.

bukan bermaksud sombong. serius. sampe saat ini gue masih percaya kalo gue belom layak dibilang runner. masih jauuuuuuuuuh banget perjalanan. motivasi gue cetek, cuman pengen sehat. well, kurus juga sih sebenernya lebih lebih daripada pengen sehat doang. tapi sekarang gue menemukan bahwa sebenernya gue gak benci2 amat lari. lari ternyata bisa jadi kegiatan yang fun, dan kadang badan kita secara gak sadar nagih untuk keluar menghirup udara segar sambil berkeringat sedikit. bahkan kadang dari tiap lari ke lari, gue bisa nemu celah dimana gue mesti improve sedikit2. tentunya berbekal info dari temen2 lari slash gossiping slash shopping gue, hihihi.. *kecup mamarunners satu2*

jadi kalo ditanya sekarang, gue bisa dengan pede bilang kalo gue sebenernya bisa dan ga benci2 amat ama lari kok. kalo gue bisa, berarti jutaan orang dengan alasan yang sama dengan gue juga pasti bisa. yang dibutuhin ternyata cuman kemauan dan kerja keras. plus support group tentunya🙂

About charissarhanie

twenty (okay okay.. thirty!) sumthin young working mum. loves eating but hates cooking (dont ask). eager to do any traveling and always waits for holidays around the corner
This entry was posted in cerita, lari, resolusi. Bookmark the permalink.

5 Responses to I (don’t) hate running

  1. mrscat says:

    aku sebenernya bisa lari juga ran, asal ada temennya….aku males banget lari itu kalo sendiri, apalagi skrg dg badan gendut suka diledekin org di jalan kalo lari.

    • kalo gue emang gak bisa lari, nov. Jd bawaannya stress kalo mau ada tes lari. segitunya loh. tapi emang ngeselin sih kl di indo. selama ini jg kalo lari gue selalu di stadion dan pake baju gombrong. takut dikatain utk bagian2 tubuh tertentu *you-know-what-I-mean*

  2. leonyhalim says:

    Nyambung tulisannya Novi, di Jakarta ini emang kejam. Dulu aja gue main marching band, dengan badan gendut lagi parade gitu dari Monas ke Bunderan HI. Udah capek setengah mati, main tuba berkilo2 meter, ehhhhhh…..diledekin: ATUN ATUN ATUN! Pengen gue bejek2 itu anak2 singkong.

    Yah intinya kalo di Indonesia, lari di luar itu suka masih dianggep aneh kalau ngga di kompleks rumah sendiri. Lah di kompleks rumah sendiri aja kudu pagi2 banget, kalau ngga, pingsan kena polusi.

  3. ck ck ck, ini anggota tim mampus kok malah bangga, hahaaa….
    Kalo iva dari dulu lumayan suka lari ran, tapi sejak nikah dan beranak pinak susah cari waktunya. Baru-baru ini aja mulai lari pagi lagi, terinspirasi dari ibu-ibu di theurbanmama termasuk rani juga ^_^

Leave a Reply

