balada mesin cuci

daripada nunggu cerita lebaran yang masih belom teride-kan untuk ditulis, mari kita share cerita yang ringan2 aja.. terinsiprasi dari cerita rika tentang mesin cuci, gue juga minggu kemaren ada cerita tersendiri tentang mesin cuci..

kebetulan pada suatu malam ART gue ngetok kamar dan ngasih kabar mengezutkan. “kak, itu mesin cuci rusak kayanya. airnya gak mau surut”.. weleh2, gue akhirnya terpaksa bangun dari kasur dan meriksa si mesin cuci. bener sih, cyclenya jadi gak abis2 karena aernya gak mau kebuang2. rada panik sih, soalnya emir kan lagi di jkt. dan gue gak paham soal permesin cucian, sok2an sih dulu belinya front loader, kan pusing iki kepiye cara ngebuka pintunya. mana manualnya kynya udah keserap bumi entah dimana. nyoba donlod juga mesti bayar. meh, males bener.

ARM7L105
beginilah penampakan mesin cuci gue tersayang, belinya modis (modal diskon). foto nyomot dari internet.

akhirnya gue bersabda, besok gue bakal panggil technician, berhubung udah ampir tengah malem, gue gak bisa keluar ngambil duit cash. jadi terpaksa besok minjem dari si mbak. udah salaman nih sama si mbak dan mencoba pasrah dgn nasib baju yg kerendem semalaman di dalem mesin cuci.

besoknya gue mulai cari2 technician, berhubung ternyata mesin cuci gue itu yg jual cuman satu toko jadi gue contact lah si customer service toko tsb. ternyata technician gak bisa dateng hari itu juga, bisanya besokannya. tapi untungnya mereka ngirimin gue manualnya GRATIS *hepi*, buat gue coba troubleshoot sendiri di rumah. untuk servis purna jual, toko ini lumayan gue acungin jempol. orangnya ramah dan helpful soalnya.

singkat cerita, ternyata si mesin cuci itu ada peniti yg nyangkut di saluran pembuangannya, makanya dia ngadat gak mau buang airnya. gue juga heran sih, penitinya cuman sebijik dan kecil gitu kok, tapi emang kynya ud lama bgt. gue juga gatau gimana caranya itu peniti bisa end up disitu. total kerusakan Alhamdulillah cuman ongkos panggil si technician aja karena gak ada parts yg harus diganti.

berbekal si manual yg baru dikasih akhirnya gue mulai ngutak atik si mesin cuci. Maklum, tugas cuci mencuci sehari2 udah gue serahin sama sang bedinde, jadi jangankan mengoperasikan, tempat naro sabun pelembut dkk aja gue bingung yang mana *jangan ditiru*. jadinya wiken kemaren gue iseng ngutak atik si mesin cuci ini mumpung bedinde lagi off. gue bongkar si tempat sabun (yang akhirnya gue ngerti mana buat sabun mana buat pelembut) terus gue bersihin sampe gue gosok pake sikat dan spons. gue gosok karet mesin cucinya yg moulded pake bleach terus gue bilas. berlanjut sampe gue nyoba2in menu si mesin cuci sekaligus ngegiling dua rit cucian. harusnya tiga sih tapi berhubung space jemurnya cuman cukup buat dua rit doang, jadi baju2 anak2 gue giling duluan.

sambil nungguin gilingan mesin cuci beres, akhirnya gue gatel juga terusin ngosek sink tengah yang kayak ada bekas2 berjamurnya pake bleach, terus gue cuci – jemur juga karet penutupnya. tak lupa abisnya gue nyobain mode dryer si mesin cuci (mesin cuci gue tipe washer/dryer gitu) sambil ditongkrongin di depannya. so sweet banget deh..

NOT!! soalnya gue panik gegara salah ikutan masukin bib Nadine yg belakangnya dari plastic, doi meleleh dan nempel di pintu kacanya, jadi gue mesti mastiin begitu cyclenya selesai itu bib mesti gue pelotokin plastiknya mumpung masih panas biar gak keburu nempel di pintu. beneran bedinde jadi2an nih, hehehe..

lumayan juga sih, gara2 mesin cuci ngadat gue jadi kesambet jadinya semangat bersih2 rumah. kangen juga ternyata ngelakuin segalanya sendiri. inget jaman belom punya anak, tiap emir pergi ngantor hari sabtu, gue langsung sibuk bersihin satu rumah dari nyapu ngepel gosok kamar mandi/wese, bersihin dapur, nyuci piring, nyuci jemur nyetrika baju sendirian. kalo udah punya anak sih males benerrr… bete kalo abis ngepel terus Nadine balik2 ngeces2 ato numpahin susu di lantai gitu. mending entar2an aja bebenahnya *loncat ke kasur*.

well… jadi ngelantur. pokonya ibu2 yg punya mesin cuci front loader, jangan lupa kalo mau nyuci mesti meriksa sapa tau ada loose item macem peniti/koin yg masih kesisa di baju, bisa jadi barang potensial nyangkut di mesin soalnya. terus sebaiknya pake deterjen khusus utk mesin cuci macem ini, gue baru tau ternyata selama ini gue salah beli. gue selalu berpatokan utk indoor drying tapi gak merhatiin tipe mesin cucinya. Untuk front loader, sebaiknya yg busanya rendah/sedikit biar gak cepet bikin mould dan kotor2 di karetnya juga. Kalo di supermarket suka ada kok tulisannya “best for front loader” ato “low suds detergent” gitu biasanya.

sekian tips yang-mestinya-semua-udah-tau-sih dari gue, proyek berikutnya gue pengen nyuci dan ngeringin handuk2 gue pake penlembut/pengharum yg bentuknya kayak tisu gitu. doakan ya teman-teman semoga berhasil.

*acungin kepalan tangan dan otot*

About charissarhanie

twenty (okay okay.. thirty!) sumthin young working mum. loves eating but hates cooking (dont ask). eager to do any traveling and always waits for holidays around the corner
This entry was posted in cerita, daily, domestic life. Bookmark the permalink.

11 Responses to balada mesin cuci

  1. Arman says:

    ya ampun.. tapi ya masih ‘untung’ karena peniti doang ya. jadi gak perlu keluar duit buat ganti sparepart. barang rusak itu kan yang paling serem kalo mesti ganti2 sparepart yang mahal2…😛

    • iyaaaa!!! gue udah deg2an bgt, man. soalnya gue beli display set 2thn yang lalu, dimana warrantynya cuman pas 6bln pertama. untung banget akhirnya cuman bayar ongkos transport sama jasa tukangnya aja.

      tapi enaknya dijelasin juga sih cara bersihinnya gimana, kalo masalah gini mana yg mesti dibuka, tipe deterjen yang dipake sebaiknya yg bagaimana, etc. nambah ilmu jadinya, hehehe

  2. danirachmat says:

    Mesin cuci oh mesin cuci. Waktu dipake sama Mba asisten rumah tangga itu mesin cuci sudah rusak sekali. Ketampesan air dan kalo nyuci gak kira-kira, langsung diamprukin semua. Pas rusak tidak sesemangat itu sampai cek sendiri. Dibiarin aja sampe dateng teknisi.
    Kagum bener bisa sampe bersihin semua bagian mesin cucinya Mba. Dan memang, ngerjain semuanya sendiri itu kerasa banget nikmatnya. *halah*

    • hahaha.. gak usah kagum kok, orang printilan kecil doang.. soalnya manggil teknisi disini mahal uy, apalagi kalo ada yg harus diganti.

      makanya mumpung pas dateng ya beneran ditanyain gimana cara perawatannya yg baik. sekali tepok dapet dua lalat gitu maksudnya, hahaha

  3. kalo mesih cucinya ada logo HE (high efficiency), sabun cucinya juga hrs yg ada logo HE nya lho *nakut2in* *biar abis ini rani langsung cek mesin cuci*

  4. ini_dhita says:

    mesin cuci gue yang biasa itu lho ran, yang ada 2 tabung. buat mbak2 nyuci. Biasanya cuma bertahan 2thn an udah rusak. Jadilah gue beli baru hampir tiap 2 taun. Yang ini udah mesin cuci ke 3 deh kalo ga salah. abis mau beli yang bagusan gue males mbak2 susah dikasih tau yang bener nya -___-‘

    eh ran, nyuci lumut2an pake bleach apaan si? gue butuh juga tuh buat disini. tapi gue udah coba segala merk ga ada yang bisa bikin kinclong deh.

    • somehow yg 2 tabung lebih gampang ngotak atiknya dhit drpd yg front loader ky gue. tdnya pgn beli yg top loader krn dgn harga sama bisa dapet kapasitas yg lbh gede, sayang ruang cuci gue sempit bgt *nasib tinggal di apato* jadi beli yg front loader biar atasnya bisa dipakein meja buat naro laundry.

      gue pake bleach biasa kok, kl disini merknya clorox. di indo mungkin bayclin ya. digosok aja pake sabut cuci/sikat plastik. tp pake sarung tangan ya.

  5. misskepik says:

    ooooh begitu. mesin cuci gue sekarang front loader. gue kira sama aja perlakuannya sama mesin cuci lain, beda ya nyah ya. maklum ya nyah, mesin cuci pinjeman. yaudah nyah, kalo besok nasib jelek mesin cuci gue rada-rada ngambek, gue panggil nyonyah bukbat aja ya. yiuk!

    *maaf, dateng-dateng malesin ya*

  6. Popok Bayi says:

    Walah hanya gara-gara peniti…tapi menjadi pelajaran berharga buat kita semua hehe. Terima kasih sharingnya..

Leave a Reply

