Gue dan Motor

bisa dibilang kalo orang Indonesia itu hidupnya pasti deket sama motor. kata siapa? kata gue sih. abis, motor itu salah satu moda transport yg paling murah sih saat ini. yang gak perlu pake urat sama otot makenya, kecuali kalo abis disenggol orang hihihi..

hidup gue sendiri dari kecil hampir gak bisa lepas dari motor. jaman kecil dulu, kendaraan pertama yg bokap gue punya ya motor. seperti kebanyakan anak-anak jaman 80-90an (ato sampe sekarang ya?), gue juga kenyang keliling-keliling kota berempat (gue, bonyok, dan adek gue yg cewek) naek motor. dari yg duduk di tengah antara bokap sama nyokap, sampe akhirnya naek ‘pangkat’ bisa duduk di paling depan. lumayaaan, bisa liat pemandangan. cuman lebih prone masuk angin sih, haha.. inget banget dulu bokap pake Honda Astrea 800, kayanya keluaran thn 80an awal deh. baru pas adek gue yg cowok lahir, bokap udah punya mobil. jd sekeluarga kalo pergi-pergi udah gak pernah pake motor lagi. yakale bawa tiga ekor bocah pake motor, bisa2 yang satu diiket di stang😄

karena rumah gue yg gak kejangkau sama angkutan umum, jadinya kita rely banget sama servicenya… ojek. kalo mau naek angkot sih bisa, tapi buat ke ‘depan’ komplek itu kudu naek ojek dulu. mau jalan terus naek rakit, air terjun ketiga belok kiri juga bisa sih, sekitar 1.2kilometer jaraknya. daripada konde copot dan bedak luntur sebelom naek angkot, kan mending kita naek ojek lahayy…..

karena jam terbang yg tinggi dengan ojek dari jaman gue sekolah sampe kuliah, jadinya udah piawai banget tuh naek ojek *smug*. not really proud of this, tapi gue dulu bisa loh multi-tasking pas lg dibonceng ojek. ibaratnya bisa sambil ngeringin rambut, cabut bulu ketek, kayang, pake maskara, dan ngetik steno di atas motor sementara abang ojek manuver ke kiri ke kanan ngehindarin mobil, motor lain, dan kadang-kadang… bis pariwisata! *pingsan*

baidewei gue sendiri gak bisa nyetir motor loh. jadi ya pangkatnya paling jauh cuman tukang bonceng. alesannya sederhana, takut mati. luck gue jelek banget untuk sesuatu yg beroda gak paralel, seperti sepeda, roller blade, etc. sekalinya naek sepeda keluar komplek aja udah kena senggol ojek. jadi gue memutuskan, daripada bersaing di jalan sama ojek rebutan tempat, mending gue naekin aja deh. abis perkara.

oke kita lanjutin..

pas kuliah, terus kan gue pacaran sama bapaknya anak-anak ya *ahem*, sempet momotoran juga kita. karena gue cewek high maintenes ya, jadi tiap hari ya dianterin balik loh sama pacar huihihihi.. gue gak minta sih, tapi ya rejeki masa ditolak toh? lumayan irit duit ongkos, bisa buat jajan bakso. si pacar juga gengsi masa gak nganterin, walo berujung bolong di kantong. awal-awal masih gaya pake mobil, lama-lama berat juga ye bensinnya buat bolak-balik padasuka – cipaganti tiap ari. daripada duitnya buat ngasih makan mobil, mending buat ngegendutin pacar. lama-lama mobil berganti jadi motor juga, yang duile ternyata lebih uzur aza loh daripada motor bokap gue, Astrea C70. panggilan sayang kita buat si motor, Astuti.

perjalanan sama si Astuti juga sedap sedap senep sih. motornya udah bisa dibilang udah tua renta, jadi jalannya pelan pake banget. mau dimuseumkan juga kayanya masuknya kudu dipapah dulu. disusul vespa itu sudah biasa, mogok pas ujan itu biasa, di tanjakan disuruh turun gara-gara kurang tenaga juga biasa. udahlah disuruh turun, suruh ndorong pula. kurang sayang bijimana cobak. kalo abis dipake ada aja problemnya. ya lampu seinnya ngaplek lah (lampu seinnya masih yg model nempel di samping gitu), gak bisa distarter lah, ya lampu besarnya copot lah. yang ini sih bikin nyokap gue dulu lega. soalnya pacar jd gak diem lama-lama di rumah, lah wong sebelom gelap udah mesti jalan. gak ada lampu bok, kalo gak bisa ditangkep pulisi nanti huihihihi.. akhirnya sih lampu bisa diakalin, bisa nyala tapi dilakban item bolak balik biar nempel, sungguh kurang cantik.

yang epic dari si Astuti, satu waktu dipake nganterin gue balik dari ospek malem yang mana gue nyampe rumah sekitaran jam setengah satu malem. setelah pacar pamit balik gue pergi mandi. gak nyampe 15 menit ada telepon ke rumah, yg ngangkat si mamah. ternyata dari si pacar. gue pikir gile si Astuti canggih banget, sekarang bisa nganter dari rumah gue sampe tujuan dalam waktu 15menit aja. mungkin Astuti sudah berubah jadi Buraq. ternyata si pacar belom nyampe rumah (pastinya). dese nelpon dari wartel (btw sekarang masih jaman wartel gak sih?), minta dijemput karena ternyata di jalan rantai si Astuti memutuskan untuk copot. dese tiada tempat mengadu kecuali gue yg dia yakin jam segitu masih belom tidur. gue sama nyokap akhirnya jemput sambil ngakak. Astuti sementara dititip di wartel biar dijemput besoknya. lagian siapa yang mau juga sih ya, kalo dibegal juga kayanya bakal dianterin balik ke rumah😀

nasib Astuti ujungnya agak tragis, karena dirasa sudah harus pensiun, akhirnya pacar beli motor baru (tetep gak mampu kalo harus pake mobil). abis itu gue merasakan lagi naik motor yang sebenarnya. singkat kata abis lulus kuliah ya gak pernah motor-motoran lagi. gue pindah ke bangkok, pacar juga pindah kerja ke singapur.

abis itu? gak pernah motor-motoran lagi. terakhir itu 6 tahun yang lalu pas nengok sahabat yg baru lahiran. itupun abisnya sukses jackpot gara-masuk angin. maklum, naek motornya bisa dibilang kaya antar kota antar propinsi, jauh bener hihihi..

Moral of the story:

ternyata tante penakluk ojek pada akhirnya akan renta juga ketularan Astuti…

About charissarhanie

twenty (okay okay.. thirty!) sumthin young working mum. loves eating but hates cooking (dont ask). eager to do any traveling and always waits for holidays around the corner
This entry was posted in meracau. Bookmark the permalink.

2 Responses to Gue dan Motor

  1. e.r.l.i.a says:

    Nyiahahahahahhaha

    Gue juga dulu pas pacaran sama sn naiknya motor vespa yang kecil gitu. Kebayang lah ya SN segede apa, gue segede apa. itu kalo dibonceng lewat gajlukan polisi tidur langsung deg-degan bok! Takut merosot ke spakbor belakang, huahahahahahahahah. Abis itu ganti pake Honda Win. Lebih gede sih, tapi suspensinya udah parah banget. Tambah dinaekin kita pula…tiap 30 menit musti berenti buat ngelempengin pinggang, huahahahahahah.

  2. mrscat says:

    Aku dulu pas kuliah naik motor honda astra th 90-an, ini aja dipinjemin tanteku. Nasib anak jadul miskin, ga kayak skrg anak kuliah aja mobilnya kalo ga baru ya plg lama 3 thn.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s